Mari kita lanjutkan pembahasan tentang profesi Event Manager seri 01 yang lalu…

Kalau kita kilas balik sedikit pembahasan seri 1; jadi posisi Event Planner dan Event Manager dapat dilakukan oleh orang yang berbeda atau dapat juga dilakukan oleh 1 (satu) orang yang sama, tugas perencanaan dirangkap oleh Event Manager, tergantung dari skala event yang akan diselenggarakan. Hal ini memungkinkan karena seorang Event Manager bekerja di semua tahapan event, mulai dari tahap persiapan, perencanaan, penyelenggaraan, pengawasan, pengendalian dan terakhir tahap evaluasi. Biasanya pada sebuah event yang cukup besar seorang event manager dibantu oleh seorang event planner untuk tugas persiapan dan perencanaan.

Apa saja area lingkup tugas seorang Event Manager ?

Area yang menjadi tanggungjawab Event Manager meliputi :

  • Semua administrasi yang terkait event yang akan diselenggarakan, biasanya dibantu oleh sebuah tim administration officer
  • Hal-hal teknis dan non-teknis terkait operasional event yang akan diselenggarakan, untuk event skala menengah dan besar wajib dibantu oleh beberapa orang atau sebuah tim yang mengurus operasional
  • Marketing dan Komunikasi terkait event yang akan diselenggarakan, pada umumnya event manager dibantu oleh sebuah tim marketing & komunikasi yang dikelola seorang Manajer Markom
  • Aspek Kesehatan dan Keselamatan terkait event yang akan diselenggarakan, pada event skala besar biasanya dibantu oleh seorang Health & Safety Manager, atau merekrut tim lepasan (freelancer)
  • Aspek Keamanan terkait event yang akan diselenggarakan, pada umumnya bekerjasama dengan pihak eksternal perusahaan, seperti pihak keamanan venue, atau pihak kepolisian, atau pihak keamanan swasta, tergantung kebutuhan dan skala event
  • Manajemen resiko, hal ini menjadi tanggung jawab seorang Event Manager, kesalahan mengelola resiko dapat berdampak kerugian yang besar bagi perusahaan maupun pihak stakeholder. Oleh karena itu seorang Event Manager yang handal akan dibayar tinggi oleh perusahaan
  • Dokumentasi, hal ini bagian dari tanggungjawab Event Manager, yang mana dokumentasi ini akan digunakan untuk berbagai tujuan, seperti : laporan, publikasi paska event, bahan evaluasi bahkan dapat menjadi barang bukti atas suatu kasus. Pada umumnya event manager dibantu oleh sebuah tim dokumentasi yang dibentuk atau ditunjuk oleh perusahaan
  • Evaluasi, seorang Event Manager akan lengkap kualifikasinya bila cakap dalam melakukan evaluasi terhadap event yang menjadi tanggungjawabnya

Kita lanjutkan lagi minggu depan di Seri 03 yaa

(Penulis : Mulkan Kamaludin, owner Intro Event Solution, www.introevent.com email : [email protected])