1.) HOBBY, PROFESI, JALAN HIDUP

Lighting Designer panggung secara dasar bertanggung jawab atas desain dan pengawasan semua aspek pencahayaan untuk acara panggung maupun sebuah Event khusus.

Pada pertengahan 1900-an Lighting designer di Inggris dan Amerika mengembangkan dan menyempurnakan metode desain pencahayaan modern untuk teater, tari, opera dll.

Hanya setelah pengembangan lampu filamen listrik, para perintis awal ini mampu membangun fondasi dan standar baru dalam desain. Apakah
ia bekerja di teater komunitas kecil atau di gedung opera besar, desainer pencahayaan adalah anggota penting dan dihargai di setiap produksi modern. Lighting Designer, berkolaborasi dengan sutradara dan dengan desainer lain (set dan kostum) untuk memastikan bahwa produksi benar dan cocok dari sudut pandang tata cahaya dalam segala hal, dari awal hingga selesai.

Produser dan manajer teater telah menyadari bertahun-tahun yang lalu, bahwa mereka dapat menghabiskan ‘jutaan’ dolar, untuk Set, kostum, dan pemain namun semuanya terbuang sia-sia karena Tata cahaya yang ‘buruk’.

Banyak produksi komersial sekarang membuat tuntutan tinggi dalam hal tata cahaya event mereka dan dalam hal ini, Lighting Designer telah menjadi anggota penting dari industri teater dan hiburan.

Lighting Designer seringkali merupakan perancang terakhir ke teater / Pertunjukan, dan semua orang mengharapkannya untuk bisa melakukan semacam sihir dan membuat set, kostum dan aktor … ‘terlihat luar biasa’.

Ada banyak orang di tahun 1700-an dan 1800-an yang berkontribusi pada seni dan ilmu desain tata cahaya panggung yang berkembang. Namun, tidak sampai awal 1950-an sampai peran Lighting Designer sebagai seniman akhirnya mapan. Sampai saat ini pencahayaan sebagian besar adalah sesuatu yang harus dijaga oleh para teknisi.

Saat ini, ribuan Lighting Designer bekerja di seluruh dunia dalam berbagai industri hiburan.  Lighting Designer saat ini sering cenderung berspesialisasi dalam jenis produksi hiburan tertentu, masing-masing membutuhkan metode dan teknik kerja yang sedikit berbeda.

Spesialisasi dapat mencakup pencahayaan untuk; Teater, Tari, Opera, Musik,Televisi, Tempat rekreasi, Dll.

Beberapa Lighting Designer panggung mungkin juga memiliki Karakter atau Spesialisasi dalam bidangnya. Sebagai contoh, tidak jarang saat ini untuk menemukan Lighting Designer ‘tari’ yang hanya dapat bekerja di bidang tari modern, atau Lighting Designer yang hanya bekerja di bidang musik ‘Rock’. Dan lain sebagainya.

Terlepas dari disiplin Tata cahaya tersebut, semua Lighting Designer harus memiliki pemahaman penuh tentang peralatan mereka dan aspek fisik dan psikologis dari cahaya, prinsip dasar cahaya, visi dan desain tata cahaya.

Selamat Berkarya dengan Cahaya. Dan teruslah menerangi dengan penuh cinta dan suka cita. Karena kepuasan kita sebagai seorang Lighting Designer adalah saat karya kita dapat diapresiasi dengan baik dan begitu banyak orang yang bisa bahagia dan senang dengan Hasil kerja keras Kita dalam sebuah Acara yang diselenggarakan.

Lelah dan Keringat kita terbayar saat melihat senyum bahagia dari semua.

Semoga Profesi kita menjadi ladang Pahala untuk kita dan manfaat bagi semua….Semoga….

*Artikel ini dibuat untuk Ivendo berdasarkan pemahaman dan pengalaman Pribadi Herry W Nugroho sebagai Lighting Designer. Mohon Maaf jika ada hal yang kurang lengkap maupun tidak sesuai.

Herry W Nugroho
#Lighting Designer
#Owner Blitz Grup
#Founder sewasewa.id